Bisnis Sukses Work From Home, Simak Tipsnya!

Bisnis Sukses Work From Home, Simak Tipsnya! – Saat ini Work from home menjadi salah satu solusi mencegah percepatan penularan penyakit Covid-19, sekaligus tetap bisa menjalankan bisnis. Cara kerja dengan model ini sebenarnya tidak sulit dilakukan, bahkan sangat membantu untuk memberikan keseimbangan kehidupan kerja kepada karyawan, sambil menjaga perusahaan tetap produktif.

Melakukan work from home sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan oleh perusahaan jika mereka memahami prinsip-prinsipnya. Berikut ini tips yang bisa dilakukan perusahaan agar karyawan tetap produktif meskipun bekerja dari rumah:

Pastikan Channel Komunikasi Tersedia dan Lancar

Saat menerapkan work from home, Anda harus tetap berkomunikasi, terutama dengan partner kerja. Untuk itu, pastikan semua channel komunikasi seperti Whatsapp, Telegram, atau Slack selalu standby. Jangan tidak ada jawaban ketika teman kantor membutuhkan Anda.

Jika perlu, Anda bisa melakukan video call atau conference call dengan menggunakan tools seperti Zoom, Skype, atau Google Meeting. Memastikan ketersediaan channel komunikasi adalah hal utama yang harus dipenuhi oleh setiap orang ketika melakukan work from home.

Pastikan Kehadiran Karyawan Terkontrol

Sebagai HR, Anda harus memastikan kehadiran karyawan tetap terkontrol meski menerapkan work from home. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan aplikasi Human Resources Information System (HRIS) yang memiliki fitur absensi dari mobile seperti Talenta.

Fitur absensi mobile atau Live Attendance dapat membantu HR seperti Anda untuk memantau langsung kehadiran karyawan yang bekerja dari rumah. Prinsipnya adalah melalui checkin dan checkout yang dapat dilakukan langsung dari ponsel karyawan. Setiap kali karyawan bekerja, mereka dapat melakukan checkin. Begitu pun setelah selesai bekerja, mereka dapat melakukan checkout. Live Attendance dalam Talenta juga dilengkapi dengan fitur selfie checkin. Anda sebagai HR dapat melihat lokasi absen mereka melalui dashboard yang terupdate secara real-time setiap kali karyawan melakukan clockin atau clockout. Dengan begitu, Anda tetap bisa mengawasi apakah karyawan bekerja atau tidak.

Berikan Tugas ke Karyawan Lewat Platform yang Terintegrasi

Ketika perusahaan memberikan kebijakan untuk bekerja dari rumah, proses kerja tetap harus berjalan seperti biasa. Dalam kondisi seperti ini, koordinasi tugas harus dilakukan dengan terstruktur. Jika Anda menggunakan aplikasi HRIS yang memiliki fitur penugasan seperti Talenta, Anda bisa memberlakukan kebijakan untuk melakukan penugasan secara langsung kepada karyawan melalui aplikasi.

 Sediakan Aplikasi Self-Service bagi Karyawan 

Di saat work from home, penting bagi perusahaan untuk menyediakan fitur HRIS yang dapat membantu kebutuhan karyawan. Kebebasan yang ditawarkan oleh mobile employee self-service seperti Talenta mampu memenuhi kebutuhan karyawan di saat seperti ini.

Jadi, work from home bukan lagi merupakan hal yang sulit untuk dilakukan, apalagi dengan pesatnya perkembangan teknologi. Work from home tentunya bisa jadi alternatif pada saat kondisi pandemik saat ini.